Menariknya Modifikasi Lapis Legit Bersama Ibu Reni Savitri Di Tristar Institut



Menariknya just demo modifikasi lapis legit batik di kelas patiseri II
bersama ibu Reni Savitri

Lapis legit merupakan jajanan ala belanda yang memiliki rupa cake berlapis-lapis dengan teknik pemanggangan yang cukup rumit hingga menjadi khas yang diminati oleh konsumen sebagai oleh-oleh, . Paduan rasa manis dan gurih dari butter serta tekstur lembut saat digigit menjadi favorit. Seperti tema kali ini di kelas patiseri yaitu modifikasi lapis legit,  yang dilaksanakan pada tanggal 10 novenber 2017 pukul 09.00 WIB di tristar institute jemur sari. Ibu Reni Savitri M. Par. Menjadi dosen pembimbing kelas patiseri sekaligus memdemokan resep modifikasi lapis legit tersebut.


Sebelum mendemokan cara membuat lapis legit,ibu reni menerangkan jenis cake yang akan di gunakan modifikasi. “lapis legit kali ini berbeda dengan lapis legit yang dijual di pasaran, saya akan mempraktikan modifikasi lapis legit dan spiku dengan bentuk seperti anyaman” kata bu reni. Dilanjutkan memperkenalkan bahan yang digunakan dan teknik pengocokan yang berbeda setiap cakenya. Tidak lupa oven pemanggangan sudah dipanaskan terlebih dahulu dengan tinggi suhu 200oC selama 5-10 menit. Menuang adonan lapis legit cukup beberapa sendok saja setiap lapisan nya sehingga  memiliki banyak lapisan . Teknik memanggang adonan nya cukup memakan waktu lama yaitu 40 menit.
Kemudian dilanjutknan membuat spiku yang metode pembuatan nya sama seperti pembuatan sponge cake. Adonan spiku diberi pewarna ungu atau pasta agar ketika dilapisi oleh lapis legit  dapat terlihat perbedaan warnanya. Setelah spiku matang, tahap memotong dan menempelkan lapis legit hingga membentuk seperti anyaman. Cara menempelkan nya cukup mudah, dengan diolesi sedikit susu kental manis kedua sisi lapis legit yang sudah dipotong kemudian ditumpuk spiku dasar dan bagian atasnya sambil ditekan.
Modifikasi lapis legit dibuat seperti batik akan meningkatnkan harga jual dibandingkan dengan lapis legit biasa yang dijual dipasaran.sehingga tema just demo dari bu reni sangat cocok untuk produk usaha kuliner.

Lapis legit batik























Komentar