Mudahnya Membuat Cake Komersial di Kelas Patiseri Advance



MUDAHNYA MEMBUAT CAKE KOMERSIAL DI KELAS PETISERI ADVANCE BERSAMA PARA CHEF HANDAL

Tristar Institute merupakan kampus pencetak mahasiswa yang siap untuk kerja diperusahaan kuliner, mulai management jasa boga sampai bagian tenaga kerja kulinernya.  Selasa, 8 novenber 2017 mengadakan tema praktik cake komersial di kelas petiseri advance. Kelas patiseri advance Dikelola oleh ibu vivi serta dibantu dengan  Asisten dosen ibu jiurike alvionita Yap. Tema  praktik kali ini bertujuan agar mahasiswa tahu begitu mudahnya membuat cake komersial yang sedang digandrungi konsumen. Selain enak, cake komersial juga sangat cocok dijadikan produk usaha kuliner rumahan.

Terdapat 3 jenis cake komersial yang dipelajari dalam satu hari yaitu  Opera cake, Watermelon Rollcake dan Japanesse Cheesecake. Pengajar tema kali ini didatangkan langsung dari brand filma  yaitu chef profesional  yang bernama chef Kim Gery, chef Mickey dan chef Kevin. Untuk keahlian dalam membuat cake sudah tidak diragukan lagi, dengan lantang dan jelas para chef memberikan teori seputar cake kepada mahasiswa patiseri advance sebelum mempraktikan resepnya.

Asisten dosen Jiurike mengawasi kinerja mahasiswa

“saat memberikan filling pada rollcake, usahakan cake sudah dalam keadaan dingin atau uap panas hilang agar butter cream tidak leleh” terang chef mickey. Sambil membuat fiiling dan base cake, mahasiswa juga menyiapkan hiasan cake seperti buah potong, Chocolate Garnish maupun kocokan Whipe Cream.
Dilanjutkan dengan mempraktikan resep Japanesse Cheesecake, cake  dari jepang yang sedang happening saat ini. Tak lupa beberapa tips membuat cake ini diberikan kepada mahasiswa sebelum membuatnya “ Japanesse Cheesecake merupakan cake yang menggunakan teknik pemanggang secara au ben marie yaitu diluar Loyang adonan diberikan sedikit air agar pori-pori cake halus dan lembab” kata chef Kim Gery.
Chef Kim Gery menghias glaze cake

Tahap selanjutnya adalah menghias cake, dengan antusias para mahasiswa memberikan berbagai hiasan diatas cake. Kemudian diberikan kepada para chef untuk mendapatkan evaluasi produk yang sudah dipraktikan. Evaluasi praktik juga tak kalah penting dilakukan oleh pengajar agar mahasiswa menjadi lebih baik kedepannya.

Komentar