Graha Tristar

Graha Tristar

Minggu, 01 Februari 2015

Aplikasikan Mata Kuliah Kewirausahaan - Matoa Cafe melayani Catering untuk Event

Siapa yang belum tau tentang Cafe Matoa yang letaknya di Loby depan Kampus Akpar Majapahit? Tentunya sudah tidak asing lagi bagi semua Mahasiswa/Mahasiswi Akpar Majapahit. Nama Matoa diambil dari singkatan Majapahit Tourism Academy.

Matoa Cafe berdiri pada tahun 2010,memang tujuan awal berdirinya Matoa Cafe untuk melengkapi fasilitas kampus Akpar Majapahit. Sebagai tempat praktikum Mahasiswa/Mahasiswi Perhotelan.
Dekorasi Cafe yang casual namun tetap santai ini membuat suasana Cafe semakin nyaman,dan harganya yang relatif, cocok untuk kalangan mahasiswa maupun tamu dari luar.

Selain Matoa Cafe disediakan untuk media praktikum mahasiswa/mahasiswi Akpar Majapahit khususnya di bidang Perhotelan. Tak jarang Matoa Cafe mendapatkan order berupa jamuan makan dari tamu kursus maupun tamu yang memang sengaja dan mempercayai Maja Cafe sebagai tempat makan siang, breakfast bahkan acara meeting untuk beberapa pax. Tak heran,bahwa banyak mahasiswa/mahasiswi yang antusias untuk bekerja di Matoa Cafe tanpa harus mengganggu jadwal kuliah. Namun karena Matoa Cafe sudah memenuhi standar restoran, maka tidak semua mahasiswi/mahasiswa yang diperbolehkan untuk bekerja di Matoa Cafe.
"Saya senang sekali,bisa ikut mengelolah Matoa Cafe ini, selain untuk menambah pengalaman, serta wawasan. Saya juga bisa menerapkan teori yang saya dapat di materi kuliah, selain itu saya bisa mempersiapkan diri dan siap terjun langsung di dunia kerja". Kata Maharani Anastasya, salah satu mahasiswi semester 3 Perhotelan yang bekerja di Matoa Cafe.

Maja Cafe menerapkan Guest Satisfaction (kepuasan tamu). Maka tak heran pada waktu siang hari /Lunch, Matoa Cafe sudah kebanjiran order dari mahasiswa dan tamu luar.
Selain itu, Maja Cafe menerima pesanan antara lain :
1. Catering /Nasi Kotak
2. Event : Birthday Party,Arisan,meeting dll.

Seperti pada hari Sabtu (25/01/13) kemarin, ada yang beda di Matoa Cafe sore itu. Di Matoa Cafe sedang ada Event dari Yayasan/Sekolah tingkat TK dan PAUD "Star Bridge" yang mempercayai Matoa Cafe sebagai tempat berlangsungnya acara dalam rangka memperingati Tahun Baru dan Imlek.

Menurut Ibu Hesti selaku Kepala Yayasan "Star Bridge", sudah ke dua kalinya beliau mempercayai Matoa Cafe sebagai tempat untuk Event nya. "Saya suka dengan suasana disini, selain familiar juga nyaman dan bersih, juga makanan di Maja Cafe ini sangat enak terutama Asparagus Soup-nya, entah apanya yang bikin beda dari tempat lain." ujarnya.
Acara yang dimulai pada pukul 16.00 ini berlangsung lancar dan meriah, begitupun yang dirasakan pada murid-muridnya yang tergolong masih anak-anak.

Untuk menunjang kesuksesan acara ini, tentunya Tim Matoa Cafe sebelumnya telah mempersiapkan semuanya.

"Preparetion kami lakuakan 2 jam sebelum berlangsungnya acara." Kata Era Pratiwi, mahasiswi Perhotelan semester 5. Begitupun dengan staff kitchen, 2 jam sebelum berlangsungnya acara, mereka melakukan prepare terlebih dahulu. Dan tentunya briefing sebelum acara dimulai rutin mereka lakukan,untuk kelancaran selama acara berlangsung.
(Kru Maja Cafe bagian Service/Waiter)


Suasana Matoa Cafe begitu ramai dan meriah ditambah dengan alunan musik serta keceriaan murid-murid TK & Paud juga orang tuanya.
"Sebenarnya tujuan acara ini,selain untuk memperingati tahun baru dan Imlek, juga dalam rangka untuk mengakrabkan antar wali murid serta anak-anaknya, harapan kedepan agar anak-anak kami berbakti kepada kedua orang tua dan bagi nusa Bangsa." ujar Ibu Hesti.

Selain kerjasama dan kekompakan yang terjalin antara Kru Matoa Cafe, tentunya fasilitas dan alat-alat yang ada di Matoa Cafe adalah faktor utama pendorong lancarnya acara ini.
(Dinner Plate)
Alat-alat di Matoa Cafe sudah terbilang lengkap,mulai dari Plate,Glass,Serving dishes,Cutleries,Meja Buffet dan lain sebagainya.



Demikian juga fasilitas di kitchen, peralatannya sudah memenuhi standar kitchen hotel berbintang.
 (Prepare Pengolahan menu event)


Tomo (Mahasiswa semester 1) dan Isak (Mahasiswa Semester 2) sudah bisa flambe, dan mampu meng-handle menu event sebanyak 60 pax dengan dibantu beberapa kru kitchen lainnya.
Menu ready, langsung diletakkan di Serving Dishes

Sup Buah Ala Matoa Cafe

Nasi Goreng Hongkong Ala Matoa Cafe

Capcay Ala Matoa Cafe

Ayam saos Inggris Ala Matoa Cafe

Asparagus Soup Ala Matoa Cafe

Para tamu sangat antusias menikmati hidangan yang ada di Matoa Cafe sore itu.

 

Selain menerima Event dari luar untuk mengadakan acara di Graha Tristar, Matoa Cafe juga menerima catering berupa nasi kotak, tumpeng, dll.
Menu-menunya bisa sesuai permintaan tamu, tapi pihak Matoa Cafe sering menawarkan menu special yang ada di Matoa Cafe.
Contoh Menu Ala Carte Maja Cafe.
Jika anda berminat memesan baik acara Event meeting,party dll. bisa hubungi:
Graha Tristar
Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya
Telp: 031- 8480821-22. Hp: 0813 3200 3300 - 085731804143 ; 0817321024.
PIN BB: 27ECEFD1 - 2699992D.

(/nisa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar