Graha Tristar

Graha Tristar

Rabu, 22 Oktober 2014

Service excellent,Mahasiswa berlatih prosedur menangani tamu di Restoran



WHAT IS SERVICE…?
  • S = SMILE FOR EVERY ONE
  • E = EXCELLENT  IN  EVERYTHING  WE DO
  • R = REACHING OUT  TO EVERY   GUESTS   AS SPECIAL
  • V = VERY WELL COMMUNICATION
  • I   =  INTERNATIONAL COURTESY
  • C =  CREATING A WARM   ATMOSPHERE
  • E = EYE CONTACT  THAT SHOWS WE ARE

                Siang itu Mahasiswa semester 3 sedang melakukan praktek mata kuliah F & B Service (Food & Baverage service). Tepatnya dilantai 4 Kampus Akpar Majapahit, dengan bimbingan Dosen, Ibu Utcha praktek berjalan dengan lancar. Beberapa Mahasiswa yang praktek adalah juga dari Mahasiswa semester 5. Penggabungan pembelajaran/kelas terjadi pada saat hari itu saja, dikarenakan Mata Kuliah mereka hampir sama, yaitu Prosedur menangani tamu di Restoran. Mahasiswa semester 5 berperan sebagai Supervisor Restoran (Mata Kuliah mereka saat itu). akhirnya Bu Utcha menggabungkan kelas untuk melakukan praktek secara bersamaan.
Semester 3 melakukan simulasi seperti waiter di Restoran pada umumnya. Dan Mahasiswa semester 5 wajib bisa memimpin adik adik kelasnya karena pada saat itu bertugas sebagai Supervisi Restoran.
Praktek berjalan lancar,dan efektif.


ADAPUN PROSEDURE MENANGANI KEDATANGAN 
TAMU DI RESTORAN :
1)      MEMBERI TANDA RESERV / SUDAH DI PESAN DI MEJA SEBELUM TAMU DATANG
2)      GRETTING ( GRETTER)
3)      MEMASTIKAN TAMU YANG DATANG ADALAH YANG MEMESAN
4)      MENGAMBIL TANDA RESERV
5)      SERVICE SQUENZE :
·         Setelah tamu datang dan menempati kursi yang diinginkan, waiter akan memberikan menu makanan dan minuman dan menawarkan menu spesial hari ini, apabila tamu sudah menentukan menu kemudian dicatat pada captain order untuk diserahkan pada bagian produksi/dapur.
·         Apabila makanan dan minuman sudah selesai diramu, maka segera diberikan kepada tamu untuk dinikmati, selama proses ini mungkin saja tamu menginginkan menu tambahan oleh sebab itu waiter harus selalu mengamati tamu
·         Jika makanan dan minuman telah selesai dinikmati, akan membawa peralatan yang sudah tidak dipakai sehingga meja bersih dari alat-alat kotor.
·         Waiter akan menginformasikan kepada kasir untuk mempersiapkan bon dan segera menyampaikan kepada tamu
·         Pada saat menangani pembayaran, perlu diperhatikan metode pembayarannya, apabila menggunakan kartu kredit harus dilihat jenis kartu yang diterima oleh restoran dan masa berlakunya.
·         Setelah tamu menyelesaikan pembayarannyan, tamu akan meninggalkan restoran, lakukan pengantaran tamu sampai kedepan pintu
·         Hal terakhir yang dilakukan oleh waiter adalah menata kembali meja dan peralatannya agar bisa digunakan untuk tamu yang lain



Tidak ada komentar:

Posting Komentar