Graha Tristar

Graha Tristar

Jumat, 17 Oktober 2014

“ Celcius Bakery “ Kuliah sambil kerja nyata. 20 Mahasiswa Akpar Majapahit Mendirikan Celcius Bakery Dengan bermodal Urunan Rp 50 Ribuan

Akpar Majapahit dalam misi nya salain mencetak Chef Chef muda berbakat, juga melahirkan jiwa jiwa Entrepreuner bagi Mahasiswanya. Proses pembelajaran di Akpar Majapahit menerapkan system kerja team. Simulasi kerja nyata sering kali diterapkan di pembelajaran Mahasiswa Akpar Majapahit. Seperti Mahasiswa kelas Pastry ini, yang terdiri dari 20m orang. Mereka membuka usaha sendiri dengan mendirikan sebuah bakery yang bernama “ Celcius Bakery “ bertepat di Graha Pastry Tristar Jl. Jemursari 244 Surabaya. Ide membentuk usaha itu sendiri sebelumnya  telah dikonsultasikan terlebih dahulu kepada pihak kampus dan diapresiasikan oleh Chef Simon Marga yang juga merupakan salah satu dosen Jurusan Pastry di Akpar Majapahit, menurutnya usaha ini murni ide  orisinil dari mahasiswa yang tertantang untuk membuka usaha sendiri dengan bermodal kecil akan tetapi bisa menjadi untung. Disini mahasiswa juga bisa menerapkan ilmunya dari program kuliah sambil kerja nyata.
Diakui Ignazio Kenneth sebagai manager Celicus Bakery dan 19 anggotanya bahwa keputuan bulat ia serta teman-temannya untuk membuka usaha sendiri dengan mendirikan Celcius Bakery yang termotivasi setelah mengikuti kuliah di Akpar Majapahit.  Menurut mereka, ingin memadukan materi kuliah dengan entreprenuer sehingga bisa dijadikan bekal usaha sendiri setelah lulus kuliah kelak.  Dengan begitu program ini juga bisa sebagai wadah dalam memperkenalkan pendidikan lanjutan S1 Culinary Business.
Celsius Bakery itu sendiri sebelum memulai untuk proses produksinya, mereka bersepakat untuk membuat beberapa kue kering yang saat ini trend si Surabaya, yakni almond cripsy , panacotta serta macaron. Selain ketiga jenis produk itu, Celcius Bakery ini juga melayani pemesanan seperti kue pie dan aneka jenis kue lainnya. Dari pengumpulan modal yang diperoleh tersebut, kami mampu memproduksi almond crispy sebanyak 20 toples dengan kemasan mika tranparan ukuran @ 50 gram, panacotta 15 cup dan macaron 30 pieces.  Tiada disangka, produk itu ternyata laku keras terutama almond cripsynya yang pesan hingga konsumen berasal dari Jember dan Merauke,  “ujar Kenneth yang saat itu didampingi Chef Simon Marga di dapur pastry Tristar Culinary Institute ( TCI ) Surabaya.
Tingginya animo konsumen pada saat itu karena rasanya yang unik, bentuknya yang tipis dan renyah ketika digigit serta wadah yang khusus kami desain dengan bahan mika transparan membuat produk ini terjual laris manis. Saat itu Almond cripsy ditawarkan dengan harga Rp 20.000 per toples dengan 2 varian rasa original dan green tea. Tak hanya itu saja panacotta juga macarons sempat juga tak kalah tersaingi penjualannya,  dimana harga jual panacotta per cupnya Rp 15.000 dengan dua citarasa lemon dan strawberry cream.  Sedangkan macaron dibandrol dengan Rp 6.000 per piece, harga ketiga produk tersebut sudah termasuk perhitungan sewa tempat  dapur milik kampus.
Dari pantauan dan fakta inilah, setelah seminggu proyek mereka bergulir dan tanda-tanda bisnis itu baru dirintis dengan adanya pembeli yang semakin banyak membuat mereka semakin antusias untuk mengembangkan bersama, ‘’pungkas Chef Simon. Tak hanya itu kami selaku managemen Akpar Majapahit juga bangga atas kegigihan 20 mahasiswa baru tersebut dalam mengaplikasikan teori dan mempraktekkan langsung untuk menjadikan lahan usaha yang diyakini bisa memberi benefid bagi mereka, ‘’ tandasnya.  Juwono Saroso selaku pembina yayasan Ekaprasetya Mandiri juga mengharapkan usaha ini berlanjut menjadi lebih besar dan kerjasama antar mahasiswa dan kampus bisa menangani projecr yang lebih besar lagi.

Untuk mengetahui hasil karya mahasiswa Akpar Majapahit itu sendiri, maka kunjungilah Matoa Café yang  berada di lobi Graha Tristar yang berada di Jl Raya Jemursari 244 Surabaya.  Nah untuk pemesan lebih lanjut, Anda juga bisa menghubungi di HP 081216622674, Celsius Bakery akan mencoba melayani segala jenis produk bakery yang Anda pesan dan dijamin pasti puas. 

Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
HP: 081286358533. PIN: 2A96E298.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar