Graha Tristar

Graha Tristar

Senin, 31 Maret 2014

Matoa’s Facility : Bar Counter sebagai penunjang bagi calon professional perhotelan (Bartender)

     Fasilitas penunjang belajar Mahasiswa di Akpar Majapahit sudah terbilang lengkap. Salah satunya adalah counter Bar berbentuk “L” ini memang disediakan menunjang kegiatan belajar Mahasiswa khususnya Perhotelan.
Akpar Majapahit tidak hanya menyediakan fasilitas pembelajaran yang memadai. Disamping fasilitas pembelajaran,juga menyediakan pelayanan yang yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswa guna mencapai visi,misi dan strategi Akpar Majapahit, seperti misalnya Ruang Travel Yang letaknya dilantai 1 depan pintu masuk Akpar Majapahit itu. Adapun beberapa fasilitas penunjang lainnya,seperti Kitchen Lab yang memenuhi standart hotel, Maja Resto, Kitchen Shoot, Lab Komputer, Pantry, Laundry, dan 1 kamar hotel (Suite room) yang letaknya di lantai 4 Kampus Akpar Majapahit bersebelahan dengan letak Bar Counter ini.

Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
HP: 081286358533. PIN: 2A96E298.

Selain menyediakan lingkungan yang nyaman serta kondusif bagi Mahasiswa untuk belajar dikampus Akpar Majapahit. Sehingga mahasiswa belajar secara maksimal dan efektif, diharapkan supaya mereka mampu berperan secara nyata dengan menciptakan sebuah inovasi terbaru sesuai dengan ilmu yang telah diperoleh untuk memberikan kontribusi nyata dalam dunia perhotelan.

Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
HP: 081286358533. PIN: 2A96E298.
Contohnya Mahasiswa Perhotelan semester 4 ini, mereka memanfaatkan fasilitas Bar untuk menciptakan bahkan berinovasi mencampur minuman serta belajar juggling diluar jam mata kuliah. Calon  professional perhotelan yaitu mahasiswa yang sudah minat di bidangnya masing masing antara lain F & B Service, F & B Product, house keeping,Front Office (Receptionist), serta Bar, mereka selalu melatih kemampuan sesuai dengan bakat dan minat yang ada pada dirinya. Terlebih lagi Kampus Akpar  Majapahit membebaskan Mahasiswa menggunakan fasilitas lengkap di kampus untuk mendukung aktivitas program pendidikan yang menyeluruh maupun khusus misalnya seperti untuk persiapan pada saat “On The Job Training” di Hotel berbintang.
Mata kuliah Bar diajarkan pada semester 2, yaitu mereka terlebih dahulu dapat teori nya saja. Dalam kuliah perhotelan yang menerapkan kurikulum berbasis kompetensi ,praktek memegang peranan penting. Sehingga Mahasiswa semester 2 pun bebas ikut praktek dengan bimbingan Semester 4 yang memang sudah mulai praktek dan mereka telah mampu membuat aneka minuman Mocktail maupun cocotail. Hal ini menjadi pembelajaran diluar jam kuliah oleh anak semester 2 untuk belajar bersama kakak tingkatnya.
Adapun fasilitas yang terdapat pada Bar counter Akpar Majapahit antara lain : tersedia banyak botol Minuman Alkoholik sebagai display sehingga Counter Bar terlihat lebih elegant seperti Standart Bar di hotel.


Minuman minuman alkoholik yang tersedia di Bar Counter tidak untuk dipergunakan secara bebas oleh Mahasiswa, namun sebagai pananggung jawab juga sebagai pemakai Bar mereka wajib mengisi Bin card yaitu kartu Inventory yang berfungsi untuk mengetahui keluar masuknya barang yang telah digunakan pada hari itu juga.
Sejauh ini Mahasiswa telah mampu membuat berbagai macam minuman Mocktail (non Alkohol) maupun Coktail (Alkohol) seperti Rainbow,long island, Singapore Sling, Lamborgini,Green Grass,dll.
Counter Bar ini menyediakan beberapa botol minuman alkohol seperti gyn,Rum,Tequila, Whisky,Martini (White wine), Bitter,Brandy,Midory,Vacary,Galiano,Bailyeys dll.

Info Kuliah di Akpar Majapahit
081234506326. PIN BB: 2A6A1F4E.
081233752227. PIN BB: 2A1CE131.
HP: 081286358533. PIN: 2A96E298.
Pada saat Praktikum kelas ,Mahasiswa diberi kebebasan membuat minuman sesuai dengan kreatifitas mereka. Sehingga mahasiswa bebas berkreasi namun masih tetap dalam bimbingan dosen Bar.
Peralatan di Counter Bar ini juga tergolong lengkap,sehingga mampu mendorong lancarnya praktikum. Mulai dari aneka glass ware antara lain ; Water Goblet, Wine glass, Red glass, Collin glass, expresso cup, pilsner, latte cup, bir glass, slocky dll.


Counter Bar juga punya Automatik Coffe make (mesin kopi otomatis) karena selain membuat aneka macam minuman Mocktai dan cocktail,mereka juga dituntut agar bisa dan menguasai cara pembuatan olahan kopi,teh dll.


Dilengkapi juga cutleries (Long bar spoon,garnish knife dll) ,jigger, shaker, cutting board, pick cocktail dsb.
Aplikasi pengetahuan dan pengalaman kerja nyata bagi calon professional perhotelan yaitu telah dirancang sebagai aktualisasi dari nilai tambah dan kemampuan merupakan nilai tambah dan keunikan di Kampus Akpar Majapahit, sehingga Mahasiswa mampu dan siap bersaing di dunia kerja,khususnya perhotelan. Serta member bekal pada saat On the Job Training. (/Nisa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar