Graha Tristar

Graha Tristar

Senin, 10 Februari 2014

Singapore Educational Tour 2015 - Majapahit Tourism Academy



Keanggunan gedung-gedung berarsitek mewah dan keindahan tempat wisata, menjadikan Singapore sebagai negara berukuran kecil bila dibandingkan dengan Indonesia ini memiliki pesona yang menarik yang sayang untuk dilewatkan.Mana saja tempat wisata menarik di Singapore yang sempat dikunjungi mahasiswa Akpar Majapahit ini ?


Sebanyak 20 mahasiswa jurusan Perhotelan dan Pariwisata Akpar Majapahit didampingi Ari Purwantoro, S.St.Par., dosen Akpar Majapahit bertandang ke Singapura selama tiga hari dua malam ini bertujuan untuk mengenalkan kebudayaan Negara lain dan tempat wisata unggulan yang ada di Singapore kepada mahasiswa.
Orientasi kegiatan ini merupakan salah satu agenda yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa Akpar Majapahit semester enam sebagai salah satu tugas akhir (TA) yang nantinya dibuat laporan tertulis kegiatan rekreasi edukasi tersebut.

Di mata Reza Liem, mahasiswa D3 Perhotelan dan Pariwisata Akpar Majapahit, educational tour ke mancanegara ini sesuatu yang amazing. Selama di Singapore, ia melihat sendiri bagaimana keramahan orang Singapore terhadap wisatawan yang datang. Selain itu, dia juga salut terhadap cara pihak Singapore mengemas tempat-tempat wisata sehingga memikat para turis untuk betah berlama-lama menikmati keindahan dan keragaman budaya masyarakat Singapore yang pluralisme, ada Melayu, China, India bahkan Arab.
Dari sisi kulinernya, ia mengaku senang karena bisa meng-eksplore semua makanan yang disajikan dan rata-rata rasanya enak hingga makanan ekstrem (extreme food). Tak hanya itu keramahan para penjual disini, selain menjual makanan juga menyuguhkan aksi yang unik sebagai bentuk entertaiment seperti saat membeli Ice Cream Turki, atraksi tangannya begitu luwes menari-nari dalam pelayanannya.

Reza Liem pun menuturkan, beberapa tempat wisata Singapore yang terkenal bagi wisatawan dan paling ramai dikunjungi yang membuat dirinya sangat berkesan sambil berfoto-foto, yakni:



















Merlion Park, sebuah patung dengan kepala singa dan berbadan ikan yang sudah menjadi maskot Singapore. Taman Merlion Park buka 24 jam setiap hari dan tidak dipungut biaya bagi siapapun yang ingin berkunjung dan berfoto-foto. Merlion Park ini letaknya di depan Singapore River, sebuah sungai yang mengalir ditengah kota.

Universal Studios, taman wahana permainan yang paling terkenal seperti Dufan di Jakarta. Apabila anda ingin hemat, cukup berfoto di depan bola dunia Universal Studios saja. Apabila anda ingin masuk dan bermain di Universal Studios, datanglah pada pagi hari karena antrian permainan di Universal Studios bisa sangat panjang, kecuali anda mempunyai tiket prioritas sehingga anda tidak perlu mengantri panjang, namun tentu saja harga tiket ini lebih mahal dari tiket biasa.
Singapore Flyer, tempat wisata sejenis Bianglala di Dufan namun dengan ukurang yang sangat besar, bahkan merupakan yang paling besar di dunia.
Gardens by The Bay, sebuah taman unik yang mempunyai banyak pohon dan tumbuhan hijau. Di sini anda dapat menemukan beberapa pohon buatan raksasa. Pohon-pohon buatan ini terbuat dari baja dan berfungsi untuk menampung air hujan dan juga menampung energi matahari. 
Orchard Road (Jalan Orchard), nama sebuah jalan di Singapura yang sangat terkenal dengan wisata belanja mewah. Selain dipenuhi pusat belanja, Orchard Road juga dipenuhi restoran, spa, dan lain-lain. Untuk berkunjung ke Orchard Road tentu saja gratis apabila hanya melihat-lihat saja
Sentosa Island, sebuah tempat wisata di Singapura yang lengkap, namun tidak menyatu dengan pulau utama Singapura, melainkan berada di pulau yang terpisah. Yang bisa anda temukan di Sentosa Island adalah pantai, hotel, spa, restoran, tempat belanja, tempat bermain golf, berbagai macam atraksi hiburan, kasino, dan lain-lain.


















Nah, untuk yang menyukai wisata belanja sambil kuliner dikota Singapore, jangan lewatkan tempat ini, Bugis Street, Chinatown, Little India ataupun Arab Street. Dimasing-masing tempat ini akan banyak anda temukan  perpaduan menarik antara wisata kuliner, belanja, budaya, dan juga sejarah.

Dari sekian tempat wisata yang dikunjungi, Reza Liem mengaku sangat terkesan dengan pemandangan kota Singapore yang keren dan akses jalan menuju tempat wisata rata-rata mulus dan bersih. Ini patut ditiru oleh pemangku kepentingan dalam industri pariwisata yang ada di Indonesia dan Surabaya pada khususnya. Anda ingin bisa menikmati seperti mereka, Akademi Pariwisata Majapahit tempat pendidikan yang bisa jadi pilihan. *Upi


Kampus Akademi Pariwisata Majapahit

Kampus Mojokerto | Jl. Raya Jabon KM 07, Mojokerto
E-mail : akparmajapahit@gmail.com

Graha Tristar | Jl. Raya Jemursari 244, Surabaya 
Tel. (031) 8480821-22. 8433224-25. 8410109
Hp. 081233752227, 081234506326
Blackberry PIN : 2A1CE131 ; 2A6A1F4E
Fax. (031) 8432050
www.majapahit.org / www.matoa.info



Tidak ada komentar:

Posting Komentar